CARA MENCERDASKAN ANAK - FREE INFORMATION
Headlines News :
Home » » CARA MENCERDASKAN ANAK

CARA MENCERDASKAN ANAK

Written By harezpector on Selasa, 16 April 2013 | 19.51


Anak yang cerdas dalam tumbuh kembangnya merupakan dambaan setiap orang tua. Kita sebagai orang tua pasti akan bangga pada bahwa kita berhasil mendidik anak. Berbagai cara dilakukan untuk mencerdaskan anak ketika ia sedang bertumbuh. Salah satu cara tersebut adalah menyekolahkan anak.

Namun, sekolah dan tempat pendidikan bukanlah satu-satunya tempat yang bisa mencerdaskan otak anak Anda. Orangtua pun bisa menjadi guru bagi anak dengan cara memberikan contoh hal-hal yang baik. Selain itu, lingkungan sosial bisa menjadi pembelajaran seperti misalnya jika berjalan kaki harus jalan di pinggir jalan atau di trotoar bukan di tengah jalan raya.

Bagi orangtua yang masih bingung bagaimana cara agar untuk memaksimalkan tingkat kecerdasan anak-anak Anda baik di sekolah maupun dalam kehidupan sosial, beberapa hal berikut anda bisa menjadi solusi untuk mencerdaskan anak.
  1. Berikan teladan untuk selalu sarapan
    Ini adalah kebiasaan kecil yang masih sering dilewatkan oleh apra orang tua. Membiasakan anak sarapan dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi saat belajar disekolah. Anak-anak yang tidak terbiasa sarapan akan cepat lelah dan sulit berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diterimanya. Ini berhubungan dengan asupan gizi yang tidak ia dapatkan di pagi hari, sehingga pada siang hari kemampuan otaknya menjadi menurun
  2. Sediakan gizi yang cukup untuk anak
    Ajarkan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat sejak dini, seperti tidak memberi anak makanan-makanan olahan atau cepat saji dan menggantinya dengan sayuran serta buah-buahan segar. Di masa pertumbuhan, otak anak Anda membutuhkan nutrisi penting, seperti asam lemak Omega-3 yang bisa didapatkan dari ikan. Beberapa studi membuktikan bahwa anak-anak yang gemar menyantap ikan seperti, tuna, salmon, dan cod, memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam ujian.
  3. Ajak anak untuk ikut olahraga
    Hubungan antara kebugaran fisik dengan prestasi akademik anak-anak mempengaruhi semangat belajar anak. Secara umum aktivitas fisik saat berolahraga berkaitan erat dengan prestasi belajar anak-anak. Meningkatnya aliran darah dan oksigen ke otak saat berolahraga dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak saat mengerjakan soal-soal ujian.
  4. Kenalkan musik pada anak
    Memperkenalkan musik kepada anak bisa menjadi langkah yang tepat untuk melatih kemampuan otak kanan. Mereka juga menyatakan bahwa anak-anak yang bermain musik memiliki kemajuan yang pesat dalam IQ dan kemampuan akademik saat mereka menginjak usia remaja.
  5. ASI Eksklusif
    Jika Anda memiliki anak yang masih bayi, berarti peluang Anda untuk meningkatkan kecerdasan anak Anda masih terbuka lebar. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah dengan memberinya ASI eksklusif selama 9 bulan.
    Menurut penelitian, bayi yang diberi ASI eksklusif selama 9 bulan mengalami pertumbuhan yang signifikan dan lebih cerdas dari bayi yang hanya mendapatkan ASI satu bulan atau kurang.
  6. Biasakan anak untuk membaca
    Membaca baik untuk segala usia, termasuk anak-anak. Membaca merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak-anak. Ada delapan aspek yang bekerja saat anak-anak terbiasa membaca, yaitu aspek sensori, persepsi, sekuensial (tata urutan kerja), pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, dan afeksi, di mana semua aspek tersebut merupakan faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

ILMU GRAFIS INDONESIA

blog

cara membuat

Social Icons

Featured Posts

IKLAN IKLAN

Sample Text

PASANG IKLAN

 
Support : Creating Website | Haris Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FREE INFORMATION - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template