KARYA TULIS ILMIAH TEMA TEKNOLOGI - FREE INFORMATION
Headlines News :
Home » » KARYA TULIS ILMIAH TEMA TEKNOLOGI

KARYA TULIS ILMIAH TEMA TEKNOLOGI

Written By harezpector on Sabtu, 20 April 2013 | 02.09


Tema : Teknologi
Topik :
a. Keterlibatan Teknologi
b. Sistem Pengajara
c. Jumlah Pengguna
d.Pengeluaran Siswa
Subtopik : Keterlibatan Teknologi
Judul : Pengaruh teknologi terhadap pendidikan
Rumusan Masalah :
  1. Apakah maksud peran tekonologi bagi siswa?
  2. Mengapa perlu pengawasan untuk penggunaan barang teknologi?
  3. Apa dampak yang terjadi kepada para pelajar?

Tujuan :
  1. Menjelaskan maksud peran tekonologi
  2. Menjelaskan tujuan pengawasan untuk penggunaan barang teknologi
  3. Dampak yang terjadi bagi siswa
Pembahasan :
  1. Peran teknologi terhadap pendidikan
  2. Tujuan pengawasan bagi pengguna
  3. Pencegahan penyalahgunaan teknologi

Penutup :
  1. Simpulan
  2. Saran

PENGARUH TEKNOLOGI
TERHADAP PENDIDIKAN

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Manusia memang tidak bisa jauh dari teknologi. Dulu kehidupan manusia sangatlah sederhana. Tapi setelah bangsa barat menciptakan suatu kecanggihan, dunia seakan berubah menjadi modern. Semua menjadi mudah setelah adanya teknologi yang masuk. Seakan – akan teknologi menjadi benda ajaib untuk segala kebutuhan.
Perhatikan saja dulunya surat ataupun komunikasi secara langsung saja sangatlah susah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun sekarang mudah untuk membantu kegiatan umumnya manusia. Misalnya saja handphone, pesat sekali munculnya di Indonesia. Bukan hanya orang dewasa yang bisa memilikinya, tapi anak – anak juga kebanyakan memegangnya. Contohnya saja siswa – siswi sekolah, di sekolah saja pelajar berlomba – lomba untuk handphone yang paling bagus. Nah, dengan hal itu berarti memang populer dan berpengaruh dalam kegiatan belajar di sekolah.
Teknologi merupakan suatu hasil dari perkembangan zaman yang memiliki beberapa dampak. Seperti sekarang ini, teknologi makin pesat dan dimiliki publik terutama siswa. Teknologi tersebut telah menumbuhkan kecanduan para pelajar karena hampir semua pelajar telah memiliki barang – barang teknologi, misalnya handphone dan jaringan internet. Tema ini saya pilih karena saya melihat siswa – siswi sekarang sudah berkecanduan dengan gadget – gadget terbaru.
Mengingat bahwa teknologi adalah sebagai alat untuk mempermudah suatu pekerjaan, masyarakat banyak sekali memanfaatkannya untuk kegiatan masing – masing. Terutama di setiap sekolah dalam bidang pendidikan, sangatlah perlu untuk mendukung fasilitas siswa – siswi dalam belajar. Namun siswa kebanyakan tidak memikirkan bagaimana barang tersebut bisa diperoleh. Kebanyakan pelajar sekarang mendapatkannya dari orang tua dengan paksa.
Memang teknologi saat ini telah menguasai pikiran siswa dan itu sulit untuk di cegah lagi. Hal tersebut juga bisa membahayakan bagi pelajar dengan pengguanaanya yang tidak bisa di batasi lagi. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor misalnya kekurangan pengawasan dari orang tua dan juga perhatian untuk bisa mengurangi kecanduan tersebut. Oleh karena itu, perlu pengawasan dan pengajaran khusus kepada para pelajar.

PEMBAHASAN

A. Peran teknologi terhadap pendidikan

Teknologi juga saat ini mempunyai pengaruh yang positif dan negatif. Karena teknologi juga menjadi motivasi untuk siswa dalam hal belajar dan juga sebagai media belajar. Dampak positif bisa kita lihat dari siswa yang terkadang mengerjakan tugas sekolah dengan teknologi yaitu internet dan hal tersebut bisa memudahkan dalam penyelesaian. Dari internet bisa didapat berbagai macam informasi yang bisa membuka wawasan pelajar. Untuk itu jangan heran bila pelajar sekarang sering menggunakan internet.
Menurut Rosenberg (2001) teknologi mempunyai peran dalam proses pembelajaran bagi pelajar yaitu:
  • Pergeseran dari pelatihan ke penampilan
  • Pergeseran dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja
  • Pergeseran dari kertas ke online / saluran
  • Pergeseran Dari waktu siklus ke waktu nyata
  • Pergeseran fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
Untuk itu saat ini siswa perlu dituntun untuk lebih kreatif dan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Dengan kemajuan teknologi ini, telah dikembangkan sebuah ruang belajar dalam dunia internet yaitu E-Learning. Tetapi siswa juga disarankan untuk tidak terlalu menggunakan internet sebagai sarana belajar. Sebagai pelajar memang mempunyai kewajiban untuk belajar dengan baik. Jika memang harus dengan internet, gunakan internet untuk kebutuhan yang memang ingin mencari dan memperoleh informasi.
Banyak sekali orang – orang yang menggantungkan sebagian hidupnya pada internet. Mungkin bisa di lihat dari hal itu, pelajar – pelajar sekarang sering menggunakan internet untuk bahan belajar. Teknologi memang mempunyai peran yang sangat banyak dan menguntungkan bagi orang – orang maupun pelajar yang menggunakan internet ataupun gadget – gadget dengan baik.
Dari informasi – informasi yang saya dapat, teknologi bagi pelajar mempunyai peran dan manfaat bagi siswa – siswi, yaitu :
  • Teknologi sebagai alat bantu
maksudnya, dari teknologi dan internet, minat belajar siswa bisa bertambah, karena dari internet informasi apapun bisa di peroleh.
  • Komputer mampu menyimpan informasi
setelah kita mencari ataupun membuat artikel di komputer, kita bisa menyipannya di komputer tersebut.
  • Informasi yang mudah di akses
informasi apapun bisa di akses sesuai dengan apa yang di butuhkan dalam penyelesaian tugas.
  • Menghilangkan jarak antara waktu dan ruang
Dari internet untuk mencari informasi, tidak perlu untuk pergi ke warnet selagi punya laptop ataupun komputer. Dengan itu, tidak lagi memikirkan waktu dan ruang. Dari manfaat itu, bisa juga belajar online, tugas pun cepat selesai.

B. Tujuan pengawasan bagi penggunaan internet

Internet, handphone dan komputer sekarang sudah dimana – mana dan mudah di jangkau oleh masyarakat terutama siswa. Internet, handphone, dan komputer juga bisa disalah gunakan oleh pelajar – pelajar sekarang tanpa pegawasan oleh orang tua ataupun guru di sekolah. Hal tersebut juga memiliki dampak positif bagi pelajar, yaitu :
  • Dengan adanya fasilitas internet kaum pelajar akan lebih mudah mengakses sebuah informasi yang terkait dengan pelajarannya. Informasi yang didapatkannya akan lebih luas dengan membaca beberapa referensi yang dapat disaring untuk mencapai sebuah titik temu kesimpulan untuk menambah pengetahuan.
  • Dapat menambah begitu luas jaringan melalui forum, media sosial dan lain sebagainya guna melakukan diskusi dalam hal positif seperti ilmu pengetahuan, wawasan sosial, keagamaan serta perkembangan teknologi terbaru.
  • Dengan menggunakan layanan internet secara bijak dengan mengikuti berita-berita terbaru, pelajar diharapkan mampu kooperatif serta aktif dalam menyelami sebuah persoalan sosial yang terjadi dimasyarakat. Dari hal tersebut diharapkan pelajar akan mampu berpikir lebih dewasa dalam menghadapi suatu persoalan.
  • Selain menambah wawasan, dengan layanan internet seorang pelajar juga dapat melatih kreatifitas dengan mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya dengan belajar berbisnis melalui internet.
Tetapi diinternet juga terdapat negatif, yaitu :
  • Penggunaan internet yang kurang bijak dapat berdampak semakin rusaknya kepribadian bahkan moral seorang pelajar. Misalnya menggunakan layanan internet untuk membuka situs-situs yang tidak semestinya diakses oleh usia pelajar.
  • Selain mengakses situs yang tidak semestinya, pelajar yang malas akan menggantungkan sebuah tugas sekolah dengan copy paste konten yang ada diinternet tanpa perubahan dalam suatu tulisan kemudian mengumpulkan tugas tersebut. Hal ini akan mengakibatkan pelajar cenderung semakin menjadi pemalas.
  • Dengan layanan internet juga dapat mengakibatkan pelajar akan cenderung lupa akan kewajiban belajarnya bila menggunakan internet hanya untuk bermain game atau sibuk dimedia sosial yang membahas persoalan diluar dari tema ilmu pengetahuan.
Nah, dari hal – hal negatif tersebut orang tua seharusnya bisa membimbing bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang benar. Perlu disayangkan bila orang tua tidak memperhatikan anaknya dengan baik. Di sekolah saja, siswa – siswi dapat menyeleweng di saat jam pelajaran di mulai, misalnya di saat pelajaran di mulai, siswa menggunakan handphone dengan membuka situs yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran. Dari sinilah bisa diamati tujuan pengawasan yaitu untuk membimbing para pelajar agar bisa menggunakan teknologi dengan baik dan bermanfaat untuk para siswa dalam dunia pendidikan. Memang sangat penting dan perlu di adakan suatu pengawasan yang cukup terhadap pengguna – pengguna internet disekolah terutama pelajar. Apabila tidak dilakukan sejak dini atau awal, akan terjadi penyelewengan yang cukup besar. Pelajar – pelajar sekarang suka dengan Game Online di internet dan komputer.
Hal itu tidak bisa di biarkan begitu saja, penting sekali dengan pencegahan yang di adakan di sekolah, dengan bekerja sama dengan siswa – siswi di sekolah. Dari kerja sama itu, di perlukan kesadaran dari siswa- siswi. Terlalu bermain game memang tidak baik untuk kerja otak anak. Karena anak bisa malas dalam belajar ataupun berpikir positif.
C. Pencegahan penyalahgunaan teknologi

Perlu pengawasan bagi setiap anak dalam penggunaan barang-barang teknologi yang tak terbatas lagi jumlahnya. Setiap jam, menit, ataupun detik saja pelajar sudah menggunakan teknologi yang tidak pernah memperhatikan waktu. Kebanyakan pelajar sekolah menggunakannya untuk kesenangan paara siswa sendiri. Entah dalam kegiatan disekolah yaitu KBM berlangsung ataupun di rumah saat belajar malam, tidak kenal waktu untuk teknologi.
Memang susah sih, tapi memang perlu adanya suatu kesadaran dalam diri maupun dari orang tua sendiri yang mencegahnya. Misalnya dengan memikirkan bahwa kalau dengan bermain handphone, internet, dan computer bisa membuat mereka kegiatan belajar para siswa-siswi menjadi terganggu. Orang tua juga bias membimbing anaknya dengan menasehati bagaimana dampak – dampak dari pengguna teknologi, dan juga bisa dengan mengajarkan bagaimana pengguna handphone ataupun internet dengan benar. Di sekolah sebaiknya juga diadakan razia untuk siswa – siswi yang nakal dalam kegiatan KBM. Memang tidak banyak guru yang tahu tentang kejadian itu, tapi setidaknya dengan adanya suatu razia di sekolah siswa – siswi bisa merasakan bagaimana jika gadget – gadget tersebut tidak ada di tangan pengguna. Dengan adanya razia, bisa terbentuk kembali rasa kesadaran diri karena kedisiplinan ataupun tanggung jawab bisa muncul kembali.
Selain bermain internet di waktu pelajaran di mulai, di luar sekolah saja yaitu di rumah, siswa – siswi banyak sekali mengalami resiko yang terjadi dari keseringan menggunakan internet dan handphone, yaitu :
  1. Perilaku sosian menyimpang
  2. Prestasi sekolah menurun
  3. Suka berbohong
  4. Membolos sekolah
  5. Pornografi
  6. Kesehatan mata terganggu
  7. Malas melakukan aktifitas
  8. Tawuran antarpelajar
  9. Kejahatan dunia maya
  10. Mengucapkan kata – kata yang tidak senonoh
Sudah banyak yang bisa di amati dari kegiatan sehari – hari bagi dari pelajar. Dari hal itu, bisa lebih di kondisikan untuk pelajar – pelajar yang suka bermain internet ataupun game online agar tidak melupakan kewajibannya untuk beajar.

PENUTUPAN

Simpulan

  • Teknologi merupakan suatu hasil dari perkembangan zaman yang memiliki beberapa dampak.
  • Teknologi adalah sebagai alat untuk mempermudah suatu pekerjaan, masyarakat banyak sekali memanfaatkannya untuk kegiatan masing – masing.
  • Siswa – siswi sekarang sudah berkecanduan dengan gadget – gadget terbaru.
  • Teknologi bisa juga membahayakan bagi pelajar dengan pengguanaanya yang tidak bisa di batasi lagi.
  • Kecanduan bisa terjadi karena beberapa faktor misalnya kekurangan pengawasan dari orang tua dan juga perhatian untuk bisa mengurangi kecanduan tersebut.
  • Teknologi juga saat ini mempunyai pengaruh yang positif dan negatif.
  • Siswa perlu dituntun untuk lebih kreatif dan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik.
  • Dari teknologi siswa – siswi bisa melakukan penyelewengan yang tidak diketahui siapapun.
  • Menghilangkan jarak antara waktu dan ruang
  • Informasi yang mudah di akses
  • Komputer mampu menyimpan informasi
  • Teknologi sebagai alat bantu

Saran
Sebaiknya sebagai pelajar, harus bisa memanfaatkan internet maupun gadget – gadget dengan baik. Apalagi dari internet banyak sekali hal – hal yang bisa membuat pelajar di sekolah menjadi kecanduan dan lengah. Dapat di katakan lengah dalam hal belajar, yaitu di saat belajar bisa mengganggu pikiran siswa karena terlalu sering barmain game ataupun handphone.

Daftar Rujukan
Murtopo. 2008. Arsip untuk 10 dampak negatif internet bagi pelajar. (online), (http://cauchymurtopo.wordpress.com/tag/10-dampak-negatif-internet-bagi-pelajar/ , diakses 1 Mei 2013).
Apotas. 2011. Manfaat teknologi bagi pelajar. (online), (http://www.apotas.com/dampak-teknologi-terhadap-pendidikan-di-era-digitalisasi/, diakses 1 Mei 2013).







Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

ILMU GRAFIS INDONESIA

blog

cara membuat

Social Icons

Featured Posts

IKLAN IKLAN

Sample Text

PASANG IKLAN

 
Support : Creating Website | Haris Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FREE INFORMATION - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template