Macam Paragraf Dan Defenisinya - FREE INFORMATION
Headlines News :
Home » » Macam Paragraf Dan Defenisinya

Macam Paragraf Dan Defenisinya

Written By harezpector on Senin, 21 Oktober 2013 | 02.24





Macam Paragraf Dan Defenisinya - Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia, kita pasti akan menemukan materi yang membahas tentang Paragraf, dalam materi tersebut terdapat beberapa macam Paragraf, Paragraf-paragraf tersebut memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan bentuk serta jenisnya. Pengertian Paragraf itu sendiri adalah Unit terkecil sebuah karangan yang terdiri dari kalimat pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelasan atau gagasan penjelas. Jadi, penjelasan atas sebuah soal yang sedang ditulis, dalam rangkaian kata yang mengandung makna tertentu yang dimaksud dalam pembuatan satu paragraf tersebut.

Cara membuat paragraf yang baik, yakni paragraf yang memiliki minimal terdiri dari dua kalimat atau dua gagasan yang cukup memberikan penjelasan atas suatu masalah. Namun cara sederhana pembuatan paragraf bisa dikatakan sangat sederhana, yakni dengan pemisahan antara bahasan yang satu dengan bahasan yang lain meski itu terkait apa tidak.

Setelah mengetahui bagaimana pengertian paragraf, sekarang kita bahas tentang macam-macam paragraf itu, secara umum ada empat jenis paragraf beserta sedikit pengertian yang bisa menjadi gambaran dalam macam-macam paragraf:


1. Paragraf Deskripsi - Menggambarkan sesuatu
2. Paragraf Eksposisi - Menjelaskan sesuatu
3. Paragraf Argumentasi - Meyakinkan sesuatu
4. Paragraf Narasi - Menceritakan sesuatu

Penjelasan masing-masing paragraf beserta contohnya:

1. PARAGRAF DESKRIPSI
Paragraf Deskripsi merupakan jenis Paragraf yang berisi kalimat-kalimat yang mendeskripsikan, menggambarkan sesuatu.

Perhatikan contoh Paragraf Deskripsi berikut:
Udara pagi di Sekitar Danau Maninjau masih terasa dingin menusuk tulang, burung-burung bersenandung  merdu, warga sudah mulai terlihat bersiap-siap memulai kegiatan rutin mereka, sebahagian mulai mempersiapkan peralatan tangkap ikan, sebahagian terlihat sedang member pakan ikan karamba, dan sebahagian bersiap untuk pergi ke ladang. Kendaraan sudah mulai terlihat lalu lalang, dan anak-anak mulai berangkat sekolah, dengan bernyanyi serta bercanda satu dengan yang lainnya, itulah suasana pagi disekitar Danau Maninjau.

2. PARAGRAF EKSPOSISI
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berusaha menjelaskan sesuatu masalah. Penjelasan tersebut  seringkali berdasarkan dari satu definisi suatu masalah.

Perhatikan contoh Paragraf Eksposisi berikut:
Danau Maninjau adalah salah satu danau yang berada di provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Di Danau Maninjau hidup berbagai biota danau dan yang paling terkenal adalah ikan Rinuak dan Pensinya.

3. PARAGRAF ARGUMENTASI
Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berusaha meyakinkan bahwa hal yang dikemukakan adalah benar. Cara meyakinkan kebenaran itu biasanya dengan cara mengajukan sejumlah fakta. 

Perhatikan contoh Paragraf Argumentasi berikut:
Banyak orang yang pernah dating ke Danau Maninjau merasa nyaman selama berkunjung kedaerah tersebut, mereka mengaku bahwa di daerah Danau Maninjau udaranya masih segar, jauh dari kebisingan, suasananya asri dan terlebih lagi pemandangannya sangat menyejukkan mata yang melihat dan mampu menghilangkan stress,  Daerah danau Maninjau sendiri telah menjadi salah satu objek wisata andalan, banyak turis domestic maupun mancanegara yang berkunjung ke danau maninjau. Dan mereka mengaku ingin dating lagi ke daerah tersebut.

4. PARAGRAF NARASI
Paragraf narasi adalah paragraf yang berusaha menceritakan peristiwa demi peristiwa yang dialami seorang tokoh.

Perhatikan contoh Paragraf Narasi Berikut:
10 tahun lamanya Anto tidak pulang ke kampung halamannya di daerah danau Maninjau, saat pulang kampung semua sudah terasa amat berbeda, rumah-rumah yang dulunya belum seberapa sekarang sudah mulai ramai, dia menelusuri setiap jengkal jalanan di kampong halamannya tersebut, sembari mengingat kembali masa-masa kecilnya yang penuh kenakalan anak-anak pada masa itu, dia terhenti sejenak pada sebuah bangunan tua, yaa… bangunan tua tempat dia belajar dahulu, hmm… sudah terlihat begitu lusuh dan tidak terawat, karena sekolah tersebut sudah tidak terpakai lagi, sekarang bangunan baru telah dibangun di lokasi yang lebih besar dan luas. Kampung halaman yang menyimpan beribu kenangan yang tidak akan bisa terulang lagi.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

ILMU GRAFIS INDONESIA

blog

cara membuat

Social Icons

Featured Posts

IKLAN IKLAN

Sample Text

PASANG IKLAN

 
Support : Creating Website | Haris Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FREE INFORMATION - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template